Samsung Galaxy series: Mana yang Cocok Buat Anda?

Tampaknya sudah menjadi strategi pemasaran standar bagi produsen gadget untuk memproduksi varian dari setiap produk flagship (unggulan) mereka. Demikian pula yang dilakukan oleh Samsung yang telah meraih sukses besar dalam menjadikan Galaxy S sebagai market leader global untuk smartphone berbasis Android.

Memanfaatkan momentum kesuksesan Galaxy S, Samsung memproduksi beberapa produk turunan dari Galaxy S yang spesifikasinya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dari segmen – dan isi kantong - yang berbeda. Saat ini setidaknya terdapat enam varian dari keluarga Samsung Galaxy series: Galaxy S, Galaxy Ace, Galaxy Gio, Galaxy Pro, Galaxy Fit, dan Galaxy mini. Mana yang pas dengan kebutuhan Anda? Simak spesifikasi dari masing-masing smartphone tersebut (Spesifikasi yang saya sebutkan hanya spesifikasi dasar yang dapat berubah/meningkat sewaktu-waktu mengikuti pengembangan produk yang dilakukan Samsung):

Galaxy S

Samsung Galaxy S screenshot
Samsung Galaxy S

Produk flagship Samsung ini adalah smartphone Android yang menjadi pesaing terberat iPhone. Dari sisi teknis jelas Galaxy S adalah produk tangguh yang dilengkapi dengan 1 GHz ARM "Hummingbird" processor (Galaxy S II telah menggunakan 1,2 GHz Dual Core ARM Cortex-A9), 4.0” WVGA Super Amoled LCD display, 4 GB internal memory (dengan slot memori eksternal microSD yang memungkinkan penambahan hingga 32 GB), dan kamera 5 MP (Galaxy S II mencapai 8 MP) dengan fungsi AutoFocus (AF) terintegrasi.

Galaxy Ace

Samsung Galaxy Ace

Berukuran sedikit lebih kecil dari Galaxy S, Ace mengandalkan prosessor berkekuatan 800 MHz, layar sentuh HVGA 3.5”, kamera 5 MP yang dilengkapi AF dan Flash. Ace tampaknya menyasar konsumen dengan kebutuhan spesifikasi smartphone yang tidak setinggi Galaxy S, namun tetap dalam ketangguhan teknis yang memadai untuk melayani aktivitas komputasi mobile mereka.

Galaxy Gio

Samsung Galaxy Gio screenshot
Samsung Galaxy Gio

Sama dengan Ace, Gio mengandalkan 800 MHz processor. Namun ukuran layarnya sedikit lebih kecil – 3.2 inci. Demikian pula resolusi kameranya, hanya mencapai 3 MP. Lumayanlah, masih lebih dari cukup untuk membuat Anda tetap tampak gaul ..

Galaxy Fit

Samsung Galaxy Fit screenshot
Samsung Galaxy Fit

Kebalikan dari Gio, Galaxy Fit hanya menggunakan prosesor berkekuatan 600 MHz, namun memiliki display yang – sedikit – lebih besar, 3.3” QVGA. Demikian pula kamera yang digunakannya, telah mencapai resolusi 5 MP.

Galaxy mini

Samsung Galaxy mini screenshot
Samsung Galaxy mini

Sesuai namanya, Galaxy mini adalah yang termungil di antara anggota keluarga Galaxy. 600 MHz processor, kamera 3 MP, dan display 3.14 inci adalah fitur standar yang melengkapi Galaxy mini. Tidak tangguh-tangguh amat, tetapi juga tidak buruk. Yang jelas kemampuan Galaxy mini lebih dari cukup untuk melayani kebutuhan pengguna standar ponsel pintar. Informasi lebih lengkap tentang Samsung Galaxy Mini.

Galaxy Pro

Samsung Galaxy Pro screenshot
Samsung Galaxy Pro

Galaxy Pro memiliki tampilan fisik yang paling berbeda dibandingkan seri lain dari lini Galaxy. Pembeda utama adalah dimiikinya keyboard fisik QWERTY, menjadikannya sebagai smartphone dengan kemampuan Hybrid Input: input dapat dilakukan melalui keyboard fisik maupun layar sentuh. Otomatis keberadaan keyboard QWERTY ini memakan sebagian tempat buat layar, sehingga display yang digunakan pun hanya berukuran 2.8” QVGA. Dari segi kinerja, Galaxy Pro mengandalkan 800 MHz processor. Kamera yang digunakan hanya 3 MP. Bagaimanapun, Pro cocok buat tukang ngetik dan pecandu messaging.

Apapun varian Galaxy pilihan Anda, semua dimotori ketangguhan sistem operasi mobile Android dan memiliki akses yang sama ke aplikasi-aplikasi Android yang jumlahnya bejibun di luar sana.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Review dan Informasi Ponsel Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger